dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Peran Orang Tua dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Membaca Al Qur’an.
Dari hasil penelitian, variabel peran orang tua (X1) sebesar 0,008< probabilitas 0,05 dan thitung variabel peran orang tua (X1) sebesar 5,160 > ttabel 2,017, jadi t thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif dan sangat signifikan peran orang tua terhadap motivasi belajar. Adapun besarnya pengaruh R2(R square) = 0,152 atau sebesar 15,2 % dan sisanya 84,8 % ditentukan oleh faktor lainnya. Variabel lingkungan belajar (X2) sebesar 0,003< probabilitas 0,05 dan thitung variabel lingkungan belajar (X2) sebesar 3,413 > ttabel 2,017, jadi t thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif dan sangat signifikan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Adapun besarnya pengaruh R2(R square) = 0,184 atau sebesar 18,4% dan sisanya 81,6 % ditentukan oleh faktor lainnya. X1 dan X2 atas Y sebesar 0,000 < probabilitas 0,05 dan fhitung X1 dan X2 sebesar 10,276 > ftabel 3.22, jadi thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif dan sangat signifikan peran orang tua dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar. Adapun besarnya pengaruh R2(R square) = 0,329 atau 32,9 % sisanya yaitu 67,1% ditentukan oleh faktor lainnya. |
en_US |