DSpace Repository

Implementasi Metode Stifin Dalam Meningkatkan Karakter Islami Peserta Didik Di Sekolah Alam

Show simple item record

dc.contributor.advisor Abdul Halim Sholeh
dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.author Arina Alfa Khasanatin, 217430180
dc.date.accessioned 2019-11-20T08:34:38Z
dc.date.available 2019-11-20T08:34:38Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/273
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini mengenai begitu pentingnya penanaman karakter pada peserta didik, sehingga setiap sekolah memiliki cara sendiri untuk membentuk pribadi atau karakter setiap peserta didik. Setiap peserta didik memiliki tipe kecerdasan dan potensi yang berbeda-beda, oleh karena itu penting bagi pendidik dan orang tua untuk mengetahui tipe kecerdasan masing-masing peserta didik dan cara mengembangkannya. Salah satu cara untuk mengetahui kepribadian peserta didik adalah dengan metode STIFIn, yaitu sebuah metode yang menjelaskan tipe kecerdasan atau kepribadian seseorang berdasarkan belahan otak yang dominan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode STIFIn dalam meningkatkan karakter Islami peserta didik di SD Islam Ibnu Hajar Bogor. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui tiga cara yakni 1) observasi mengenai implementasi STIFIn dalam meningkatkan karakter Islami di SD Islam Ibnu Hajar Bogor; 2) wawancara, yakni penulis melakukan wawancara kepada kepala sekolah, bagian litbang, guru kelas dan guru leader, wali murid serta peserta didik; 3) dokumentasi, yakni foto dengan nara sumber wawancara, foto saat pembelajaran, buku penghubung, foto kegiatan-kegiatan yang meningkatkan karakter Islami peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Metode STIFIn dalam meningkatkan karakter peserta didik dapat menjadi alat bantu dalam mengidentifikasi karakter anak dan menentukan indikator pencapaian karakter anak sesuai dengan mesin kecerdasannya, serta membantu guru dalam mengidentifikasi masalah pada anak dan solusi mengatasinya. 2) Peningkatan karakter yang diterapkan di SD Islam Ibnu Hajar dibedakan sesuai dengan levelnya, untuk level 1-2 peningkatan karakternya adalah mandiri, untuk level 3-4 adalah percaya diri dan level 5-6 adalah aku berani, sedangkan dalam meningkatkan karakter Islami yang terapkan di SD Islam Ibnu Hajar Bogor dilaksanakan melalui keteladanan dan pembiasaan pada program-program religius agar mencapai misi sekolah yaitu menjadi generasi Rahmatan lil’Alamiin. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi Metode STIFIn en_US
dc.subject Meningkatkan Karakter Islami en_US
dc.title Implementasi Metode Stifin Dalam Meningkatkan Karakter Islami Peserta Didik Di Sekolah Alam en_US
dc.title.alternative Studi Kasus SD Islam Ibnu Hajar Bogor en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account