DSpace Repository

Sosialisasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Agama Islam (Penelitian di Sekolah Dasar Islam Darunnajah Jakarta)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anshori
dc.contributor.author Siti Rohmah, 99310526
dc.date.accessioned 2023-05-23T08:19:55Z
dc.date.available 2023-05-23T08:19:55Z
dc.date.issued 2005
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2835
dc.description.abstract Dalam rangka mempersiapkan lulusan pendidikan memasuki era globalisasi yang penuh tantangan dan ketidak pastian, diperlukan pendidikan yang dirancang berdasarkan kebutuhan nyata di lapangan. Untuk kepentingan tersebut pemerintah memprogramkan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) atau competency based curriculum sebagai acuan dan pedoman bagi pelaksanaan pendidikan untuk mengembangkan berbagai ranah pendidikan (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) dalam seluruh jenjang dan jalur pcndidikan, khususnya pada jalur pendidikan sekolah. Hal ini terutama terkait dengan "Gerakan Peningkatan Mutu Pendidikan" yang dicanangkan oleh rnenteri pendidikan nasional pada tanggal 2 mei 2002. Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) merupakan kurikulum yang mengacu pada empat pilar yaitu belajar mengetahui (learning to know), belajar melakukan (learning to do), belajar hidup dalam kebersamaan (learning to live together), dan belajar menjadi diri sendiri (learning to be). Dengan kurikulum yang mengacu pada empat pilar tersebut diharapkan dapat membekali peserta didik dengan berbagai kemampuan sesuai dengan tuntutan jaman dan reformasi yang s,edang bergulir, guna menjawab tantangan arus globalisasi yang berkontribusi pada pembangunan masyarakat dan kesejahteraan sosial, lentur, adaptif terhadap berbagai perubahan. Dalam ha) ini kurikulum berbasis kompetensi diharapkan mampu memecahkan berbagai persoalan bangsa khususnya dalam bidang pendidikan, dengan mempersiapkan peserta didik melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap system pendidikan secara efektif, efisien dan berhasil guna. Sekolah dasar Islam Darunnajah merupakan lembaga pendidikan Islam yang telah maju dengan sarana dan prasarana pendidikan yang mcmadai. Dalam perkembangannya, sekolah m1 sedang mensosialisasikan kurikulum berbasis kompetensi sebagai wujud realisasi program pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan. D engan p enerapan k urikulum b erbasis k ompetensi s ekolah dasar islam Darunnajah diharapkan dapat lebih meningkatkan lagi mutu pendidikan dan kwalitas kelulusannya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Sosialisasi en_US
dc.subject Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Sosialisasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Agama Islam (Penelitian di Sekolah Dasar Islam Darunnajah Jakarta) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account