dc.description.abstract |
Pendidikan yang di dalamnya terdapat 1:iroses belajar mengajar mempunya1 tujuan yang jelas. "'Tujuan sebagai arah dari proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah rumusan tingkah laku yang diharapkan dapat dikuasai oleh siswa setelah menerima atau menempuh pengalaman belajarnya. Dalam Sistem Pendidikan Nasional, bahwa
rumusan tujuan pendidikan baik tujuan kurikulum maupun tujuan instruksional menggunakan klasifikasi basil belajar dari Benyamin Bloom yang seca-ra garis besar membaginya menjad tiga ranah, yakni ranah kognitigf, ranah efektif dan ranah psikomotorik. Dari ketiga ranah tersebut, ranah kognitiflah yag paling banyak dinilai oleh para guru di sekolah, karena berkaitan dengan kemampuan para siswa dalam menguasai pelajaran. Memang tidak mudah untuk bisa mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut secara ideal, diperlukan usaha yang serius dan berkesinambungan dari setiap unsur yang terlibat dalam dunia kependidikan. Karena kita menyadari bahwa permasalahan kompleks multidimensi telah merasuk dalam dunia pendidikan kita saat ini. Sebagai contoh permasalahan yang berkaitan dengan pemerataan serta input pendidikan yang kurang memadai, proses pendidikan yang kurang efektif, dan mutu kel1_H!fr'" (0_•.1tput) yang kurang memuaskan. |
en_US |