Abstract:
Kemampuan membaca harus segera dikuasai oleh para siswa di SD karena keterampilan ini secara langsung berkaitan dengan seluruh proses belajar siswa di SD. Keberhasilan belajar siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajarmengajar di sekolah sangat ditentukan oleh penguasaan kemampuan membaca mereka. Siswa yang tidak mampu membaca dengan baik akan mengalami kesulitan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran untuk semua mata pelajaran. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui komparasi kemampuan membaca siswa SD kelas 1 antara lulusan TK dengan Bukan Lulusan TK di SDN Rangkapan Jaya Depok.
Dalam kajian teoritis, penulis memaparkan berbagai aspek yang berkaitan dengan membaca, perkembangan anak usia dini dan hubungannya kesiapan memasuki SD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, tehnik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan tes yang sengaja dibuat khusus, adapun teknik analisis data menggunakan teknik komparasional yaitu "t" tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca siswa kelas 1 SD yang berlatar belakang Taman Kanak-kanak dan bukan berlatar belakang Taman Kanak-kanak, faktor utama yang menjadi penentu keberhasilan membaca pada anak SD adalah komitmen orang tua selaku pengontrol dan pengajar dalam mengajar anaknya membaca dengan penuh cinta baik anak sekolah TK maupun tidak sekolah TK, disamping faktor fisiologis, intelektual, lingkungan dan psikologis anak.