DSpace Repository

Nilai-nilai Kompetensi Guru Yang Terkandung Dalam Q.S. al-Kahfi (18):71-80, Q.S. al-Qalam (68]:4, Q.S. al-Muddatsir (74]: 1-5, Q.S. an-Nisa' [4]: 85-86, Q.S. az-Zumar (39):39, Q.S. al­Qashash (28]: 26, Dan Q.S. Yusuf [12]: 55

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anshori
dc.contributor.author Nunung Nur Ma'sumah, 08310878
dc.date.accessioned 2023-05-24T08:41:04Z
dc.date.available 2023-05-24T08:41:04Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2866
dc.description.abstract Kompetensi guru merupakan suatu kualifikasi yang sangat penting, oleh karena itulah dalam Undang-undang Guru Dan Dosen dinyatakan bahwa 4 ( em pat) kompetensi guru, diantaranya: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Profesional harus dimiliki oleh setiap pendidik secara komprehenship. Guru merupakan ujung tombak kesuksesan tercapainya cita-cita pendidikan secara utuh dan baik. Peran guru sebagai pembimbing, pendidik, pengajar, pemimpin dan motivator, tidak akan pemah dapat tergantikan! oleh media/alat pendidikan apapun. Kehadiran guru sangat penting dan berpengaruh dalam keberhasilan pendidikan, sehingga ia harus memiliki kompetensi-kompetensi guru tersebut agar selalu dapat menciptakan sumber daya manusia yang utuh (beriman dan bertaqwa), cakap, religious, terampil dan mandiri sesuai dengan cita-cita bangsa dan pendidikan itu sendiri. Al-Qur'an adalah Kalamullah, di dalamnya terkandung banyaki lmu pengetahuan yang mana dapat dijadikan sebagai penguat dan penjelasan teori-teori yang ada. Dalam skripsi inilah penulis berusaha menggali dan menganalisis kandungan ayat-ayat yang ada dalam Al-Qur'an melalui penafsiran para mufassir dikaitkan dengan konteks pendidikan, khususnya kompetensi guru sehingga dapat memberikan pemahaman secara mendalam dan meyakinkan tentang kompetensi guru, sehingga nilai-nilai kompetensi tersebut akan mudah untuk diaplikan secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan perpustakaan (hbrary research). Data penelitian ini menggunakan data kualitatif dengan metode deskriptif analitif, yaitu data yang terkumpul dijelaskan dengan kata-kata, atau kalimat, gambar dan bukan dengan angka dimana penelitian ini bertujuan untuk memahami masalah secara mendalam. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai kompetensi guru yang terkandung dalamQ.S. al-Kahfi [18] :71-80, Q.S. al-Qalam [68]:4, Q.S. al-Muddatsir [74]: 1-5, Q.S. an­Nisa' [4]: 85-86, Q.S. az-Zumar [39]:39, Q.S. al-Qashash [28]: 26, Dan Q.S. Yusuf [12]: 55. Dari basil pengumpulan data dan analisis data, maka penulis dapat mengetahui nilai-nilai kompetensi guru yang terkandung dalam Q.S. al-Kahfi [18]:71-80, Q.S. al-Qalam [68]:4, Q.S. al-Muddatsir [74]: 1-5, Q.S. an-Nisa' [4]: 85-86, Q.S. az-Zumar [39]:39, Q.S. al-Qashash [28]: 26, Dan Q.S. Yusuf [12]: 55 yaitu nilai-nilai yang terkait dengan kompetensi pedagogik guru antara lain: menguasai pengetahuan evaluasi, menguasai ilmu mengajar ( ditakdik metodik), dan menguasai teknik memberikan reward (hadiah/penghargaan) dan punishment (sanksi). Nilai-nilai yang terkait dengan kompetensi kepribadian guru antara lain: Al-Akhlak Al­-Karimah (Budi Pekerti Yang Luhur), Keteladan/Integritas (Kesesuaian antara perkataan dengan perbuatan ), Nilai Optimisme (Semangat), Nilai Religious (keagamaan/agamis), Gezaq (wibawa). Dan nilai-nilai yang terkait dengan kompetensi sosial guru antara lain: Solidaritas, komunikasi Yang Efektif dan Menyenangkan. Dan terakhir adalah Nilai­nilai Kompetensi Profesional Guru, antara lain: Nilai Profesionalitas, Kekuatan J asmani dan Kecerdasan Pikiran, dan Wawasan Luas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Nilai Kompentensi Guru en_US
dc.title Nilai-nilai Kompetensi Guru Yang Terkandung Dalam Q.S. al-Kahfi (18):71-80, Q.S. al-Qalam (68]:4, Q.S. al-Muddatsir (74]: 1-5, Q.S. an-Nisa' [4]: 85-86, Q.S. az-Zumar (39):39, Q.S. al­Qashash (28]: 26, Dan Q.S. Yusuf [12]: 55 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account