DSpace Repository

Konsep Pendidikan Islam dalam Film /pin Upin Dalam Tema Persahabatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Herman
dc.contributor.author Nurhasanah, 05310757
dc.date.accessioned 2023-05-25T03:56:45Z
dc.date.available 2023-05-25T03:56:45Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2876
dc.description.abstract Penelitian m1 merupakan penelitian kepustakaan (library research)mengambil objek film kartun Islami Upin dan lpin. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi. Analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis isi (content analisys) yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi, yang didokumentasikan dalam rekaman, baik dalam gam bar, suara maupun tulisan.kemudian dilakukan interpretasi secara deskriptif yaitu dengan memberikan gambaran dan penafsiran serta uraian tentang data yang telah terkumpul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa · film kartun Upin dan lpin pada episode tema persahabatan memiliki nilai­nilai pendidikan yang terkandung didalamnya. Nilai-nilai pendidikan yang termuat dalam film kartun Upin dan Ipin episode tema persahabatan diantaranya adalah: Pertama, Nilai­nilai pendidikan ibadah yang meliputi, ibadah mahdhah dan nilai pendidikan ibadah sosial kemasarakatan. Kedua, nilai pendidikan yang bersifat universal meliputi, Kedamaian, Penghargaan, Cinta, Toleransi, Tanggung Jawab, Kebahagiaan, Kerjasama, Kejujuran, Kerendahan hati, Kebebasan, Kesederhanaan, Persatuan. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam film kartun Upin dan Ipin pada episode tema persahabatan ini dapat dijadikan referensi orang tua maupun pendidik dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada anak. Seperti kedamaian, kejujuran, toleransi dan sebagainya. Bahasa lembut yang penuh kasih sayang dan cinta kasih yang terdapat dalam film kartun Upin dan Ipin pada episode tema persahabatan dapat dijadikan teladan orang tua maupun para pendidik dalam proses pembelajaran. Seorang anak akan lebih mudah menjalankan apa yang diperintahkan seorang pendidik apabila sang pendidik tersebut memperlakukan seorang anak dengan penuh kasih sayang dan dengan bahasa yang lembut karena seorang anak akan merasa tersanjung dan merasa dihargai. Film kartun ini sendiri dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi anak oleh orang tua ataupun guru (pendidik) baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject pendidikan Islam en_US
dc.subject Ipin Upin en_US
dc.subject Persahabatan en_US
dc.title Konsep Pendidikan Islam dalam Film /pin Upin Dalam Tema Persahabatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account