DSpace Repository

Konsep Metode Pendidikan Islam Yang Terkandung Dalam Surah An-Nahl Ayat 125-128

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anshori
dc.contributor.author Siti Nurhasanah, 07310846
dc.date.accessioned 2023-05-25T04:17:04Z
dc.date.available 2023-05-25T04:17:04Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2881
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul "Konsep Metode Pendidikan Islam Yang Terkandung Dalam Surah An-Nahl Ayat 125-128". Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan suatu bangsa dan menyempurnakan penyelenggaraan pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia. Namun dalam prosesnya tidak sedikit hambatan-hambatan yang merintangi proses tersebut. Hambatan yang paling menonjol dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam ialah masalah metode mengajar. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan pendidikan agama diperlukan suatu pengetahuan tentang metodologi pendidikan agama, dengan tujuan agar setiap pendidik agama dapat memperoleh pengertian dan kemampuan metodik agama yang dilengkapi dengan pengetahuan dan kecakapan professional. Pendidikan Islam dalam pelaksanaannya membutuhkan metode yang tepat untuk menghantarkan kegiatan pendidikannya kearah tujuan yang dicita-citakan. Bagaimanapun baik dan sempurnanya suatu kurikulum pendidikan Islam, ia tidak akan berarti apa­apa, manakala tidak memiliki metode atau cara yang tepat dalam mentransformasikannya kepada peserta didik. Ketidaktepatan dalam penerapan metode secara praktis akan memghambat proses belajar mengajar yang akan berakibat membuang waktu dan tenaga secara percuma. Karenanya, metode syarat untuk efesiensinya aktivitas kependidikan Islam. Hal ini berarti bahwa metode termasuk persoalan yang esensial, karena tujuan pendidikan Islam itu akan tercapai secara tepat guna manakala jalan yang ditempuh menuju cita­cita tersebut benar-benar tepat. Adapun teknik pengumpulan data dan analisis data dalam skripsi ini adalah menggunakan metode maudhu'I yaitu menganalisis masalah yang akan dibahas dengan cara mengumpulkan data-data kepustakaan berupa ayat-ayat Al­Qur' an yang berkaitan dengan apa yang akan ditafsirkan, hadits-hadits dan pendapat para mufassir. Kemudian menganalisa pendapat para mufassir, selanjutnya membuat kesimpulan. Dari basil pengumpulan dan analisa data dapat diambil kesimpulan bahwa metode pendidikan Islam yang terkandung dalam surah An-Nahl ayat 125-128 adalah Metode Hikmah, Metode Mau'izhah Hasanah, Metode Mujadalah, dan Metode 'Uqubah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Pendidikan Islam en_US
dc.subject An-Nahl en_US
dc.title Konsep Metode Pendidikan Islam Yang Terkandung Dalam Surah An-Nahl Ayat 125-128 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account