DSpace Repository

Pengaruh Metode QLC terhadap Kemampuan Membaca AI-Qur'an (Studi Kasus Pada Peserta Didik di Lembaga Quran Learning Centre Buncit Raya Jakarta Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anshori
dc.contributor.author Zakiyah, 08310901
dc.date.accessioned 2023-05-25T04:30:54Z
dc.date.available 2023-05-25T04:30:54Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2884
dc.description.abstract Latar belakang penulisan skripsi ini adalah ketertarikan penulis terhadap pokok bahasan mengenai metode QLC yang digunakan Lembaga Quran Learning Centre sebagai metode untuk belajar membaca Al-Qur'an, merupakan bahasan yang sangat signifikan karena masih rendahnya kemampuan membaca Al-Qur'an penduduk Indonesia sampai saat ini. Kondisi demikian tentu sangat kontroversi dengan kenyataan, bahwa hampir 88% jumlah penduduk Indonesia beragama Islam dan merupakan Negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Quran Learning Centre (QLC) merupakan lembaga pendidikan non formal yang didirikan dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat akan perlunya lembaga pendidikan pembelajaran Al-Qur'an yang baik dan mudah. Dilengkapi dengan sarana dan fasilitas yang modern serta didukung oleh instruktur terpilih dan professional. QLC didirikan di awal 2011 dengan program kelas pertama pada bulan Agustus 2011. Salah satu produk unggulan yang telah diluncurkan adalah cara cepat baca Qur'an Metode QLC yang sudah mencapai ratusan ribu copy. Metode ini telah membantu ratusan ribu umat Islam terbebas dari buta baca Al-Qur'an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Deskriptif Korelasional. Dengan pendekatan kuantitatif, tekhnik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, kuisioner/angket dan dokumentasi, adapun tekhnik analisis data menggunakan korelasional Product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara metode QLC terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an peserta didik di Lembaga Quran Leaming Centre Buncit Raya Jakarta Selatan dengan memperhatikan besamya r xy (0,598) merupakan korelasi yang sedang atau cukupan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode QLC en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title Pengaruh Metode QLC terhadap Kemampuan Membaca AI-Qur'an (Studi Kasus Pada Peserta Didik di Lembaga Quran Learning Centre Buncit Raya Jakarta Selatan) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account