DSpace Repository

Pengaruh Muj ahadah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar (Studi Kasus Mahasantri Ma'had Takhasus Institut Ilmu Al-Quran (IIQ))

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ahmad Fudhaili
dc.contributor.author Rosiana, 08310889
dc.date.accessioned 2023-05-25T05:30:57Z
dc.date.available 2023-05-25T05:30:57Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2886
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul Pengaruh Mujahadah , . .Oalam Meningkatkan Prestasi Belajar dengan studi kasus terhadap mahasantri ma'had takhassus Institut llmu Al-Qur'an (IIQ) jakarta. V ariabel be bas dalam penelitian ini adalah mahasantri yang mengikuti kegiatan mujahadah dan yang tidak mengikuti kegiatan mujahadah sedangkan prestasi belajar adalah variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasantri Ma'had Takhasus IIQ Jakarta yang seluruhnya berjumlah 310 orang. Sampel penelitian adalah 40 Mahasantri, menggunakan metode sampel random (acak). Dalam pengumpulan data menggunakan metode angket untuk mahasantri yang mengikuti kegiatan mujahadah dan yang tidak mengikuti kegiatan mujahadah. Dan untuk mengukur prestasi belajar digunakan metode pemeriksaan dokumen dengan melihat nilai IPK semester genap. Hasil analisis data penelitian dengan analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh y,mg signifikan pada variabel X 1 yaitu mahasantri yang mengik.7.lti mujahadah dan variabel Y yaitu prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi Fhit(bla) lebih kecil dari Fea0yaitu 80,4186 < 99,44. Dan koefisien detenninasi yaitu koefisien yang menunjukkan tingkat keeratan antara variabel X dan Y menunjukkan nilai sebesar 0,344. Jadi sebanyak 34% variasi prestasi belajar tidak dapat dipengaruhi oleh mahasantri ma'had takhasus institut ilmu al-Qur'an Jakarta. Sedangkan pada variabel .X 2 yaitu mahasantri yang tidak mengikuti kegiatan mujahadah dan variabel Y prestasi belajar menunjukk:an korelasi yang signifikan, karena Fhfr: (b/a) lebih besar dari F::ab , yaitu 7,1896 > 34,25. Jadi variasi prestasi sepenuhnya dipengaruhi oleh mahasantri yang tidak mengikuti kegiatan mujahadah. Jadi, kesimpulannya variasi prestasi belajar sepenuhnya dipengaruhi oleh mahasantri yang mengikuti mujahadah dan yang tidak mengikuti mujahadah, karena banyak faktor lain yang ikut berpengaruh, seperti faktor internal dan faktor ektemal. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Mujahadah en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title Pengaruh Muj ahadah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar (Studi Kasus Mahasantri Ma'had Takhasus Institut Ilmu Al-Quran (IIQ)) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account