Abstract:
Pendidikan sangat penting bagi kita semua untuk kemajuan bangsa, Dengan perkembangan zaman yang sydah modern ini, adanya berbagai macam alat-alat elektronik yang semakin berkembang selain memiliki dampak positif terhadap perkembangan anak, juga ada kalanya berdampak negativ terhadap perkembangan anak. Untuk itu agar dampak negative tidak merajalela anak harus diberikan terutama pendidikan Agama. Pendidikan agama sudah semakin berkembang dengan pesat,. Banyak lembaga-lembaga yang didirikan dengan dasar agama. Karena begitu pentingnya pendidikan dalam memperbaiki dan menanamkan akhlak yang baik serta menciptakan karakter akhlakul karimah yaitu diantaranya adalah lembaga TPQ atau TPA. Dari latar belakang itulah penelitian yang penulis lakukan mempunyai perumusan masalah yakni upaya apa saja yang dilakukan TPQ Uswatun Hasanah Asempapan Trangkil Pati Jawa Tengah dalam meningkatkan kualitas pendidikan, upaya untuk mengatasi faktor-faktor dan penghambat serta bagaimana penerapan metode Qiro'ati bagi guru sebagai pelaksana lapangan dalam meningkatkan kualitaas pendidikan Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif, diantaranya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari analisis data ditemukan bahwa upaya yang dilakukan dalam meningkatkan pendidikannya cukup berhasil. Dalam menghadapi faktor penghambat terus bersosialisasi kepada masyarakat untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan. Penerapan metode yang digunakan oleh guru sebagai pelaksana pembelajaran sudah bagus, dilihat dari hasil santri yang diwisuda. Gurunya juga rajin dalam mengikuti MMQ, agar tidak meninggalkna informasi-informasi penting dari KORCAB tentang pembelajaran Qiro'ati