DSpace Repository

Hubungan Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam Dengan Perkembangan Pola Pikir Masyarakat Kampung Naga (Studi Kasus di Kampung Naga Desa Neglasari Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anshori
dc.contributor.author Nuraida Fitri Fauziah, 09310920
dc.date.accessioned 2023-05-25T07:01:11Z
dc.date.available 2023-05-25T07:01:11Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2891
dc.description.abstract Kampung Naga adalah nama sebuah kampung yang masih mempertahankan adat istiadatnya dalam kehidupan sehari-hari. Kampung ini berlokasi di Desa Neglasari Kawalu Tasikmalaya. Kampung yang bercorak Sunda ini masih menjadi ikon warga Kabupaten Tasikmalaya sebagai aset wisata yang syarat dengan budaya lokal. Kampung yang eksotik dan ramah lingkungan ini menjadi daya tarik para pengunjung domestik dan manca negara. Diantara mereka ada yang sekedar berkunjung, ada pula yang melakukan penelitian ebih dalam guna kepentingan ilmu pengetahuan. Meskipun warga Kampung Naga masih mempertahankan adat istiadatnya, namun mereka tetap menjunjung tinggi toleransi dan sikap terbuka antar sesama baik dalam segi kepercayaan, maupun ilmu pengetahuan. Prinsip mereka adalah selagi tidak mengganggu dan mengancam kehidupan mereka, kebersamaan akan selalu dijaga. Dengan sikap seperti itu, warga Kampung Naga cenderung lebih cepat menerima hal-hal baru yang menurut pandangan mereka lebih bermanfaat bagi kehidupan sosial dan spiritual mereka. Sikap seperti itu, tentunya tidak lepas dari faktor-faktor ekstemal yang mempengaruhi kehidupan mereka, salah satunya adalah pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu faktor dari sekian banyak faktor yang perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui lebih jauh tentang seberapa besarkah pengaruh pendidikan Agama Islam dengan perkembangan pola pikir masyarakat Kampung Naga. Beberapa peneliti sudah melakukan observasi tentang Kampung Naga dengan fokus masalah yang bermacam-macam. Penelitian semacam ini tentu menghasilkan beberapa persamaan dan perbedaan mulai dari proses sampai kepada hasil penelitian. Beberapa persamaan dan perbedaan tersebut diantaranya; 1. Persamaan a. Sebagian besar peneliti mengobservasi sejarah Kampung Naga langsung dari sumbemya, dalam hal ini sesepuh adat/ warga asli Kampung Naga. b. Masalah budaya dan adat istiadat disinggung dalam penelitian mereka, baik itu dijelaskan secara singkat maupun panjang lebar. 2. Perbedaan a. Spesifikasi dari penelitian beragam, diantaranya: Penelitian terhadap variasi wajah, mitologi Kampung Naga, karakteristik individu dan sosial masyarakat serta tanah adat (ulayat).b. Meskipun masalah budaya banyak disinggung Untuk memperoleh data yang berhubungan dengan masalah yang berkaitan dengan penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif, yaitu dengan memaparkan beberapa masalah yang penjelasannya diperoleh sebagai berikut: Metode penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian untuk memperoleh data lapangan dengan teknik pengumpulan data. Adapun pengumpulan data tersebut ditempuh dengan beberapa teknik, antara lain: 1. Observasi, dilakukan untuk mengamati secara langsung tentang kondisi pendidikan yang ada di Kampung Naga tersebut. 2. Wawancara, digunakan untuk mendapatkan data yang diperlukan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian penulis adalah terdapat hubungan dalam penyelenggaraan pendidikan agama Islam dengan perkembangan pola pikir masyarakat Kampung Naga. Hubungan ini bisa dilihat dari cara pandang dan implementasi keberagamaan mereka terhadap budaya dan sosial masyarakat yang rutin mereka lakukan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Pola Pikir en_US
dc.subject Masyarakat Kampung en_US
dc.title Hubungan Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam Dengan Perkembangan Pola Pikir Masyarakat Kampung Naga (Studi Kasus di Kampung Naga Desa Neglasari Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account