DSpace Repository

Korelasi Metode Permainan Dalam Mempercepat Menghafal AI-Qur'an Pada Usia Dini. ( Studi Kasus Di Kelas 1 SD Smart School Al Haamidiyah Jagakarsa)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anshori
dc.contributor.author Khosyi'ah, 09310913
dc.date.accessioned 2023-05-29T07:56:12Z
dc.date.available 2023-05-29T07:56:12Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2921
dc.description.abstract sa" Metode Permainan adalah suatu cara yang digunakan guru dalam mengajarkan hafalan Al-Qur'an kepada anak didiknya. Menghafal Al-Qur'an dengan menggunakan metode bermain ini, dikemas dengan game dan permainan dengan cara menyenangkan yang pada akhimya menumbuhkan minat dalam menghafal Al-Qur'an. Pendekatan metode tahfizh dengan permainan dan game sangat cocok untuk anak usia dini sehingga anak - anak merasa senang dan nyaman dan tidak merasa bosan. Yang menarik disini adalah walaupun melalui game dan permainan tetap tidak mengabaikan pemghormatan Dalam kalamullah. Misal, ketika guru atau salah satu membaca Al-Qur'an yang lain menghormati dan mendengarkan dengan seksama. Dengan digunakannya metode ini diharapkan para peserta didik akan merasa senang dan cepat dalam menghafal Al-Qur'an karena sesuai dengan dunia dan fitrah anak yaitu dunia bermain. Dalam kajian teoritis, penulis memaparkan berbagai macam pengertian dan faktor-faktor yang berkaitan dengan metode permainan dan cepat menghafal Al-Qur'an pada usia dini. Peniliti menggunakan pendekatan kuantitatif, tehnik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun dalam tehnik pengolah data, penulis menggunakan korelasi Product Moment. Penelitian ini dilaksanakan di SD Smart School Al-Haamidiyah Jagakarsa. Dan subyek penelitian ini adalah 􀁙iswa kelas 1 SD yang berjumlah 27 siswa. Tehnik analisis data menggunakan rumus "r" Product Moment dengan hasil rxy = 0,634. Setelah dibandingkan dengan r tabel, hasil rxy lebih besar. Pada taraf signifikan 5% yaitu : 0,381 <0,634 sedangkan pada taraf signifikan 1 % yaitu 0,487<0,634 dengan"demikian dalam penelitian ini Hipotesis Altematif (Ha) diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Artinya bahwa metode permainan Dalam mempercepat menghafal Al-Qur'an anak usia dini ada korelasi yang signifikan dengan tingkatan sedang atau cukupan di SD Smart School. Dengan diperolehnya hasil yang signifikan, maka terbukti bahwa ada korelasi antara metode permainan Dalam mempercepat menghafal Al-Qur'an pada usia dini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Permainan en_US
dc.subject Mempercepat Menghafal Al-Qur'an en_US
dc.subject Usia Dini en_US
dc.title Korelasi Metode Permainan Dalam Mempercepat Menghafal AI-Qur'an Pada Usia Dini. ( Studi Kasus Di Kelas 1 SD Smart School Al Haamidiyah Jagakarsa) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account