DSpace Repository

"Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Tahfizh Surat Nuh (Studi kasus siswa kelas 2 MI Mumatza Islamic School Kecataman Pamulang, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ummi Khusnul Khatimah
dc.contributor.author Litakuna Karima, 10311006
dc.date.accessioned 2023-05-29T08:24:57Z
dc.date.available 2023-05-29T08:24:57Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2924
dc.description.abstract Skripsi ini meneliti tentang penggunaan metode drill terhadap prestasi belajar mata pelajaran tahfizh surat Nuh di kelas 2 MI. Metode ini dilakukan sejak berdirinya sekolah mumtaza tahun 2009. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada pengaruh atau tidak dalam penggunaan metode drill terhadap prestasi belajar mata pelajaran tahfizh surat Nuh. Dengan adanya penelitian ini terbukti bahwa adanya pengaruh penggunaan metode drill terhadap prestasi belajar mata pelajaran tahfizh surat Nuh di kelas 2 MI Mumtaza. Metodologi yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode analisis korelasional. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang penulis gunakan adalah teknik random sampling dengan penentuan sample sebanyak 30 siswa kelas 2 MI. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan teknik korelasi produk momen. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang kuat penggunaan metode drill terhadap prestasi belajar mata pelajaran tahfizh surat Nuh di kelas 2 MI. Hal ini dibuktikan dengan besamya rxy = 0,733 yang besamya berkisar antara 0,70-0,90 berarti antara metode drill (variabel X) dan prestasi belajar anak (variabel Y) memiliki korelasi yang kuat. Hipotesis Altematif (Ha) diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Drill en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.subject Tahfiz en_US
dc.subject Surah Nuh en_US
dc.title "Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Tahfizh Surat Nuh (Studi kasus siswa kelas 2 MI Mumatza Islamic School Kecataman Pamulang, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account