DSpace Repository

Penggunaan Metode Fonetik Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Lembaga Bimbingan Baca Tulis "Monte" Cibinong, Bogor

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mahmudah Fitriana
dc.contributor.author Melida Octaviani, 08310876
dc.date.accessioned 2023-05-29T08:33:15Z
dc.date.available 2023-05-29T08:33:15Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2925
dc.description.abstract Latar belakang penulisan skripsi ini adalah Kurangnya Peran orang tua dalam mengoptimalkan usia emas ( Golden Age) anak, Rendahnya tingkat kompetensi membaca yang dimiliki anak ketika memasuki sekolah dasar, Orang tua kurang menstimulasi kompetensi membaca anank-anak usia dini. Banyak metode membaca yang tidak efektif yang dipakai di sekolah-sekolah. Setelah penulis melihat latar belakang di atas, pcnulis tertarik terhadap metode membaca dan menulis untuk anak usia dini yang dipakai oleh Lembaga Bimbingan Baca Tulis '·Monte", Cibinong, Bogor. metode yang dipakai oleh lembaga ini adalah metode F onetik. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode Deskriptif Kualitatif yaitu penulis menggambarkan kegiatan pelaksanaan metode Fonetik di lembaga Kursus Baca tulis "Monte", Cibinong Bogor ini berdasarkan data-data yang penulis dapatkan.sedangkan untuk teknik pengumpulan data, peaulis mcaggunakaa teknik observasi partisipan dan aon partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Untuk lebih melengkapi pembuatan skripsi ini, penulis pun memakai sumber 1iteratur buku yaitu 16 sumber buku, 5 skripsi, 1 makalah seminar, 8 internet dan 3 hasil wawancarn. Hasil penelitian menunjukan bahwa Metode Fonetik cukup efektif diterapkan di Lembaga Bimbingan baca Tulis "monte" Cibinong, Bogor. Hal ini dapat dilihat dari tingkat keterbacaan anak yang masih aktif mengikuti program bimbingan, yaitu dari jumlah kesclumhan 31 anak, yang lancar menerima pembelajaran dengan metode fonetik lebih banyak dari pada yang tidak lancamya, yaitu sebanyak 12 anak (39%) "lancar" menerima pembelajaran dengan metode Fonetik dan 8 orang (26%) .. tidak lancar" mencrima pembelajaran dengan metode fonetik. Sedangkan ;_mak yang ··sctengah lancar (sedang)" menerima pembelajaran dengan metode fonetik sebanyak 11 orang (35%). Olch karena itu, metode Fonetik merupakan salah satu metode yang etektif, dan dapat menjadi bahan pertimbangan para orang tua dan pengajar dalam memilih metode yang tepat untuk anak belajar membaca. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Fonetik en_US
dc.subject Kemampuan membaca en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title Penggunaan Metode Fonetik Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Lembaga Bimbingan Baca Tulis "Monte" Cibinong, Bogor en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account