dc.description.abstract |
chool of Universe adalah sebuah aksi global yang berupaya mewujudkan "Our Common Future"dalam konteks ikhtiar bersama dan diharapkan mampu memberikan rahmat bagi sekalian alam. School of Universe Parung Bogor sebagai suatu lembaga pendidikan yang ikut membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, selain itu, dalam proses pembelajaran School of Universe Parung-Bogor menggunakan berbagai macam model pembelajaran untuk tercapainya materi pelajaran yang disampaikan guru kepada siswa secara efektif, diantaranya active learning dan experiential learning. Atas dasar itulah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model experiential learning di School of Universe, respon siswa terhadap penerapan model experiential learning dan hambatan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis karena yang akan diteliti adalah proses pembelajaran yang menggambarkan situasi sosial guru dan peserta didik, dalam pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan dapat diketahui bahwa penerapan model experiential learning pada pendidikan agama Islam cukup efektif dalam pelaksanaanya, serta mendapatkan respon yang positif, hal ini berdasarkan data yang peneliti peroleh bahwa 90% siswa yang peneliti wawancarai menjawab senang dengan penerapan model experiential learning pada pendidikan agama Islam. Karena siswa merasa lebih aktif dalam pembelajaran saat guru menyampaikan materi PAI dengan model experiential learning tersebut. Hambatannya adalah banyak memakan waktu jam pelajaran dan kurangnya alat atau sarana prasarana, karena siswa harus mempraktekkan materi yang telah dijelaskan. |
en_US |