Abstract:
Peserta didik merupakan komponen masukan yang mempunyai kedudukan sentral. Tidak mungksin suatu proses pendidikan berlangsung tanpa kehadiran pserta didik dan karakter merupakan nilai dasar yang membangun pribadi seseorang, terbentuk baik karena pengaruh hereditas maupun pengaruh lingkungan, yang membedakannya dengan orang lain, serta diwujudkan dalam sikap dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saj akah nilai-nilai karakter yang seharusnya dimiliki oleh peserta didik yang terdapat dalam kitab Ta'lfm al-Muta'allim karya AzZarnuji. Dimana nilai-nilai karakter tersebut merupakan nilainilai yang sangat berpengaruh bagi peserta didik dalam menuntut ilmu. Juga melihat apakah isi yang terkandung dalam kitab Ta 'lfm al-Muta 'allim ini memiliki relevansi dengan kondisi pendidikan masa kini.
Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, penulis menggunakan penelitian yang bersifat library research yakni dengan menggunakan bahan-bahan tertulis yang telah dipubilkasikan dalam bentuk buku.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Ta 'lfm alMuta 'al1im merupakan satu-satunya karya Syaikh Burhanuddin Az-Zamuji yang hidup pada abad pertengahan (abad ke-6 H./12 M.) yang membahas tentang metodologi pembelajaranm, tujuan belajar, prinsip belajar, strategi belajar, motivasi belajar, dan lain sebagainya dengan berlandaskan AlQur' an dan Hadis. Kitab ini tersusun menjadi 13 pasal, dimulai dari pengertian dan keunggulan ilmu dan fikih, hokum menuntut ilmu, kemudian niat dan motivasi belajar dan seterusnya. Dan dijelaskan juga dalam kitab ini tentang kemuliaan ilmu dan ahli ilmu. Dan sangat dianjurkan kepada pelajar agar senantiasa berbuat serius, kontinu, beretos tinggi serta sabar dan tabah dalam belajar.