DSpace Repository

Korelasi Antara Model Pembelajaran Spider Web Terna Akhlak dengan Akhlak Siswa Sekolah Dasar SD School Of Universe, Parung, Bogor

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rachmat Mulyono
dc.contributor.author Nursita Husaini, 10311011
dc.date.accessioned 2023-05-30T05:02:18Z
dc.date.available 2023-05-30T05:02:18Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2932
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara model pembelajaran Spider Web tema akhlak dengan akhlak siswa. Melalui model pembelajaran Spider Web tema akhlak ini, diharapkan dapat memberi pengaruh yang positif pada akhlak siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa SD kelas IV di School of Universe Bogor. Responden dalam penelitian ini berjumlah 18 orang siswa, karena populasi yang ada kurang dari 100 (seratus) siswa, maka penelitian ini dinamakan penelitian populasi sehingga diambil seluruhnya. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode pengolahan data menggunakan metode analisis korelasi. Adapun teknik analisa data menggunakan korelasi product moment pearson pada program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 20 for windows. Setelah melakukan analisa data maka diperoleh output koefisien sebesar 0,788 karena koefisien mendekati 1 maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara model pembelajaran spider web tema akhlak dengan akhlak siswa sangat erat. Kemudian dari output tersebut diperoleh signifikansi (Sig 2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan diterimanya Ha. Penulis juga melakukan analisa data menggunakan Korelasi Product Moment dan diperoleh hasil r hitung (rh) lebih besar daripada r tabel (rt) rh > rt pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,568 > 0,468. Sedangkan pada signifikansi 1 % r hitung lebih kecil dari pada r tabel rh < rt yaitu 0,568 < 0,590. Maka berdasarkan analisa data tersebut penulis mengambil kesimpulan pada signifikansi 5% sehingga Hipotesis alternatif (Ha) diterima atau disetujui, sedangkan Hipotesis nihil (Ho) ditolak. Namun hubngan yang didapat dalam penelitian ini masuk dalam kategori sedang atau cukup karena berada pada interval 0,40 - 0,599. Jadi dapat disimpulkan bahwa memang ada hubungan positif antara model pembelajaran model spider web tema akhlak dengan akhlak siswa. Sehingga dapat dikatakan bahwa semakin baik penerapan model pembelajaran Spider Web tersebut maka akan semakin baik pula akhlak siswa Sekolah Dasar School of Universe nantinya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Spider Web en_US
dc.subject Akhlak en_US
dc.title Korelasi Antara Model Pembelajaran Spider Web Terna Akhlak dengan Akhlak Siswa Sekolah Dasar SD School Of Universe, Parung, Bogor en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account