DSpace Repository

Gambaran Pembelajaran Anak Indigo di Sekolah i-Indigo Kelapa Gading Jakarta Utara

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rachmat Mulyono
dc.contributor.author Nurul Choiroti Fauziah, 09310922
dc.date.accessioned 2023-05-30T05:10:00Z
dc.date.available 2023-05-30T05:10:00Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2933
dc.description.abstract Latar belakang penelitian- ini adalah melihat adanya fenomena sekarang yaitu anak indigo yang digiring menjadi paranormal sedangkan usia mereka masih usia anak-anak yang seharusnya sedang giat belajar. Meskipun masyarakat umum menilai bahwa anak indigo adalah anak yang memiliki kemampuan spiritual lebih seperti paranormal tapi seJatinya anak indigo bukanlah paranormal. Mereka hanya anak yang diberikan kemampuan khusus oleh Tuhan di berbagai bidang tertentu secara instan. Berdasarkan fenomena ini, penulis melakukan penelitian mengenai gambaran pembelajaran anak indigo yang dilakukan di Sekolah Khusus i-Indigo Kelapa Garling Jakarta Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dari proses belajar mengajar yang dilakukan di Sekolah Khusus i-Indigo Kelapa Gatling, Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data penelitian ini diambil melalui observasi, wawancara <lan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran di Sekolah Khusus i-Indigo, tidak dilaksanakan seperti pembelajaran di sekolah umum biasa karena pada hari dan jam sekolah, anak indigo yang diajarkan di sekolah ini tetap belajar di sekolah biasa pada umumnya. Sederhananya, sekolah i-Indigo ini mengadakan pendampingan belajar untuk anak-anak indigo. Pendampingan belajar di sekolah i-Indigo diadakan dua hari seminggu yaitu pada hari sabtu dan minggu, atau menyesuaikan dengan kondisi dan situasi. Proses pendampingan belajar berlangsung dalam suasana dua arah yang interaktif dan nyaman. Kurikulum yang digunakan di sekolah ini adalah kurikulum dari Depdikbud, hanya saja pendalaman materinya berlanjut hingga jenjang pendidikan lebih tinggi dari yang si-:dang ditempuh saat ini oleh anak indigo sesuai dengan kebutuhan anak tersebut. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pembelajaran Anak en_US
dc.subject Anak i-Indigo en_US
dc.title Gambaran Pembelajaran Anak Indigo di Sekolah i-Indigo Kelapa Gading Jakarta Utara en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account