DSpace Repository

Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yayah Nurmaliah
dc.contributor.author Siti Malayung, 09310958
dc.date.accessioned 2023-05-30T07:00:38Z
dc.date.available 2023-05-30T07:00:38Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2944
dc.description.abstract Pendidikan merupakan kata yang sudah um.um dipahami semua orang walau dalam pengertian yang berbeda. Pengertian pendidikan ini selalu mengalami perkembangan. Banyak sekali tokoh-tokoh yang mendefinisikan pendidikan. Para ahli bidang pendidikan pun dalam mendefinisikan pendidikan memiliki pandaugan yang berbeda satu sama lain. "Semua pandangan yang berbeda itu bertemu dalam suatu kesimpulan, bahwa pendidikan merupakan suatu proses penyiapan generasi muda untuk menjalankan kehidupan dan memenuhi tujuan hidupnya secara lebih efektif dan efisien" "Pendidikan dalam Islam merupakan pemberdayaan manusia menuju taklif kedewasaan, baik secara akal, mental, maupun moral, untuk menjalankan fungsi kemanusiaan yang diembannya sebagai seorang hamba di hadapan sang K.haliq sebagai pengelola alam semesta, karemmya fungsi utama pendidikan adalah mempersiapkan peserta didik (generasi penerus) dengan kemampuan dan keahlian yang diperlukan agar memiliki kesiapan untuk terjun ke tengah masyarakat". 2 Manusia mendapat kehormatan menjadi khalifah di muka bumi untuk mengolah alam beserta isinya. Hanya dengan ilmu dan iman sajalah tugas kekholifahan d::ipat ditunaikan dengan baik, sehingga keberkahan dan manfaatnya pun dapat dirasakan bagi seluruh alam. Tanpa iman, akal akan berjalan sendirian sehingga akan muncul kerusakan di muka bumi, dan itu akan membahayakan manusia. Demikian juga sebaliknya, iman tanpa didasari dengan ilmu akan mudah terpedaya dan tidak mengerti bagaimana mengolahnya menjadi keberkahan dan manfaat bagi alam dan seisinya. Demikian pentingnya ilmu, sehingga tidak heran bila orang-orang yang berilmu mendapat posisi yang tinggi di sisi Allah dan manusia. Bahkan setan kewalahan terhadap orang muslim yang berilmu, karena dengan ilmunya, ia tidak mudah terpedaya oleh tipu muslihat setan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Konsep Pendidikan en_US
dc.subject Ki Hajar Dewantara en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.title Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account