DSpace Repository

Korelasi Penerapan Metode Accelerated Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas VI SD Sekolah Peradaban Cilegon Banten

Show simple item record

dc.contributor.advisor Jetty Maynur
dc.contributor.author Uri Safitri, 10310959
dc.date.accessioned 2023-05-30T07:13:45Z
dc.date.available 2023-05-30T07:13:45Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2947
dc.description.abstract Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD sederajat sampai SMA sederajat. Materi pendidikan agama Islam bukan hanya mengaj arkan pengetahuan tentang agama akan tetapi bagaimana membentuk kepribadian siswa agar memiliki keimanan dan ketakwaan yang kuat dan kehidupannya senantiasa dihiasi dengan akhlak yang mulia dimanapun mereka berada, dan dalam posisi apapun mereka bekerja, yang mana dalam hal ini prestasi belajar adalah kebutuhan utama untuk mewujudkan hal tersebut. pembelajaran PAI sangat sesuai bila diberikan dengan metode pembelajaran Accelerated Learning. Accelerated Learning merupakan konsep belajar yang membantu guru dan siswa dalam mempercepat proses belajar mengajar. Dari sinilah terdapat pemyataan apakah ada hubungan antara penerapan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran PAI dengan prestasi belajar siswa. Penelitian dalam penyusunan skripsi dilaksanakan di Sekolah Peradaban Cilegon Banten, yang dilaksanakan pada bulan Mei 2014 sampai selesai. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan alat pengumpul data angket yang disebarkan untuk siswa kelas VI SD Sekolah Peradaban Cilegon Banten sebagai subjek penelitian. Adapun teknik pengumpulan'• datanya dengan menggunakan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus product moment untuk mengetahui korelasi antara dua variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara Accelerated Learning terhadap prestasi belaj ar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan r hitung dan r tabel sebagai berikut, pada taraf signifikansi 5% r hitung lebih besar daripada r tabel: 0,497< 0,847. Sedangkan pada taraf signifikansi 1 % r hitung lebih besar daripada r tabel: 0,623< 0,847. Dengan demikian, disarankan bagi semua guru, khususnya guru PAI untuk menerapkan metode Accelerated Learning dalam proses pembelajarannya, guna meningkatkan kualitas kecerdasan siswa, khususnya prestasi belajar siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Accelerated Learning en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Prestasi Belajar Siswa en_US
dc.title Korelasi Penerapan Metode Accelerated Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas VI SD Sekolah Peradaban Cilegon Banten en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account