DSpace Repository

Konsep Pendidikan Islam Menurut KH Ahmad Dahlan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anshori
dc.contributor.author Hayatun Nufus
dc.date.accessioned 2023-06-12T08:59:55Z
dc.date.available 2023-06-12T08:59:55Z
dc.date.issued 2001
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3016
dc.description.abstract Dewasa ini masyarakat sedang gencar-gencarnya meningkatkan mutu pendidikan, meningkatkan minat baca untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan Al-Quran (96) Al-'Alaq ayat 1-5 Iqra' terambil dari akar kata yang berarti menghimpun. Dari himpunan lahir makna seperti menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti, mengetahui ciri sesuatu dan membaca baik teks tertulis atau tidak. Wahyu pertama itu tidak menjelaskan apa yang hams dibaca, karena Al­Quran menghendaki umatnya membaca apa saja selama bacaan tersebut mengandung atas nama Allah (bismi rabbik) dalam arti bermanfaat bagi kemanusiaan. Iqra' berarti bacalah alam, tanda-tanda zaman, sejarah maupun diri sendiri, yang tertulis maupun yang tidak dan objek perintah Iqra' mencakup segala sesuatu yang dapat dijangkaunya. Pengulangan perintah membaca dalam wahyu pertama ini bukan sekedar menunjukkan bahwa kecakapan tidak akan diperoleh kecuali mengulang-uJang bacaan atau hendaknya dilakuk􀂰n sampai mencapai batas maksimal kemampuan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject pendidikan Islam en_US
dc.subject Ahmad Dahlan en_US
dc.title Konsep Pendidikan Islam Menurut KH Ahmad Dahlan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account