dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi dengan pola asuh dan peran orang tua yang tepat sesuai kebutuhan remaja akan menentukan tingkat motivasi mereka di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar remaja dan untuk menggambarkan apa saja hambatan yang dialami orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar remaja di Desa Sengon Sari Kabupaten Asahan Medan Sumatera Utara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di Desa Sengon Sari Kabupaten Asahan Medan Sumatera Utara. Subjek penelitian ini adalah 10 orang tua dan 10 siswa remaja. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar remaja di Desa Sengon Sari berbeda-beda antara lain pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif. Adapun hambatan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar remaja di Desa Sengon Sari ada lima hal anatara lain kondisi anak, status ekonomi keluarga, status pendidikan, kesibukan orang tua, dan keadaan sekitar. |
en_US |