Abstract:
Tesis ini bertujuan untuk meneliti Implementasi Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan hafalan Al-Qur’an di Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Limau Jakarta Selatan. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif (field research). Metode penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan sumber penelitian hasil observasi, dokumentasi dan wawancara Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Siswa, Orang Tua Siswa, Guru Tahfidz yang bersertifikasi Metode Ummi dan Guru Pembimbing Akademik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Langkah-langkah guru dalam perencanaan pembelajaran Al-Qur’an. 2) Proses guru dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an. 3) Teknik guru dalam evaluasi pembelajaran Al-Qur'an. 4) Implementasi metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan hapalan Al-Qur’an menggunakan metode Ummi sangatlah efektif dikarenakan makin banyaknya target hafalan siswa setelah menggunakan metode ini selama 4 tahun dibanding metode sebelumnya yaitu metode qira’ati dan metode utsmani di Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Limau Jakarta Selatan.