DSpace Repository

Implementasi Metode Islamic Montessori Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Sekolah Kiswah Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pahrurroji
dc.contributor.advisor Sri Widyastri
dc.contributor.author Annisa Kirana Putri, 221430306
dc.date.accessioned 2023-09-20T08:23:23Z
dc.date.available 2023-09-20T08:23:23Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3209
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses implementasi metode Islamic Montessori dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam di Sekolah Kiswah Tangerang Selatan, serta menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode Islamic Montessori dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam di Sekolah Kiswah Tangerang Selatan. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya yaitu terletak pada subjek penelitian, dimana penelitian sebelumnya banyak membahas mengenai metode Montessori, akan tetapi belum banyak yang membahas mengenai Islamic Montessori, dimana implementasi metode Montessori dengan berdasarkan pada nilai-nilai Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data utama penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru Sekolah Kiswah, dan Wali Murid Sekolah Kiswah Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data berupa observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode Islamic Montessori menggunakan tiga tahapan kegiatan pembelajaran, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran (area pembelajaran Islamic montessori), dan evaluasi pembelajaran. 2) Implementasi metode Islamic Montessori dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam dilaksanakan dengan menanamkan nilai-nilai keimanan, ibadah dan akhlak yang disesuaikan dengan area pembelajaran dalam metode Islamic Montessori. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi penanaman nilai-nilai pendidikan islam melalui metode Islamic Montessori di Sekolah Kiswah, yaitu: faktor pendukung (guru selaku pendidik dan fasilitator, lingkungan sekolah, orang tua, dan teman), serta faktor penghambat (diri sendiri dan lingkungan keluarga). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Islamic Montessori en_US
dc.subject Nilai-nilai Pendidikan Islam en_US
dc.title Implementasi Metode Islamic Montessori Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Sekolah Kiswah Tangerang Selatan en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account