DSpace Repository

Implementasi Metode 3T+1M dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di TK Al-Iman Jakarta Timur

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Istiqomah
dc.contributor.author Mikyal Sholihah Sukma Dewi, 19320047
dc.date.accessioned 2023-11-06T07:48:31Z
dc.date.available 2023-11-06T07:48:31Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3267
dc.description.abstract Menurut Benjamin Bloom perkembangan kecerdasan anak terjadi sebanyak 50% di antara masa konsepsi dan usia 4 tahun, 30% terjadi antara usia 4 tahun dan 8 tahun, dan 20% berkembang diantara usia 8 tahun dan 17 tahun. Oleh karena itu peneliti memutuskan untuk meneliti salah satu lembaga pendidikan jenjang anak usia dini yang memiliki program pendidikan Al-Qur’an yang dapat berdampak positif dengan tujuan untuk mengetahui implementasi metode hafalan di lembaga pendidikan tersebut. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu implementasi metode 3T+1M (tafahhum, talaqqi, tikrār dan murāja’ah) dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di TK Al-Iman Jakarta Timur. Hal tersebut disebabkan karena TK Al-Iman merupakan salah satu sekolah jenjang anak usia dini yang menerapkan metode 3T+1M dan terdapat perbadaan hasil terhadap hafalan Al-Qur’an yang diperoleh oleh peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dekomentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif. Adapun sumber data yang diambil dalam penelitian ini yaitu berupa data primer dan data sekunder. Adapun hasil analisis yang peneliti dapatkan mengenai langkah-langkah pelaksanaan menghafal Al-Qur’an dengan metode 3T+1M di TK Al-Iman yaitu: 1) Pesereta didik mengenal makna Al-Qur’an yang sedang dihafal (metode tafahhum), 2) Guru tahfiz memberikan contoh pelafalan ayat Al-Qur’an kepada peserta didik (metode talaqqi), 3) Peserta didik meniru bacaan yang telah ditalaqqi secara berulang-ulang sampai hafal (metode tikrār), 4) Peserta didik mengulang hafalan untuk menjaga agar hafalan tersebut tidak mudah lupa (metode murāja’ah). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Al-Qur’an en_US
dc.subject Hafalan Al-Qur’an en_US
dc.subject Metode 3T+1M en_US
dc.subject Menghafal Al-Qur’an en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title Implementasi Metode 3T+1M dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di TK Al-Iman Jakarta Timur en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account