dc.description.abstract |
Metode Ummi telah menjadi model pembelajaran membaca Al-Qur’an yang sudah tersebar dimasyarakat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Ummi dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an di TK Al-Anwariyah Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan sumber data primer dan data sekunder.
Penerapan metode Ummi terdapat 3 langkah dalam pembelajaran yaitu perencanaan guru menetapkan tujuan pembelajaran dan target pencapaian yaitu menyelesaikan jilid 1 metode Ummi, dalam pelaksanaan siswa membaca buku jilid 1 menggunakan teknik individual, klasikal individual, klasikal baca simak, dan klasikal baca simak murni, dalam evaluasi guru melaksanakan evaluasi setiap akhir pembelajaran metode Ummi dengan menyuruh anak membaca ulang buku jilid 1. |
en_US |