DSpace Repository

Implementasi Metode Bercerita dalam Menanamkan Nilai Moral dan Agama Siswa di TK Arridho Cengkareng Jakarta Barat”

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Istiqomah
dc.contributor.author Nur Septianita Yasin, 19320048
dc.date.accessioned 2023-11-06T08:03:51Z
dc.date.available 2023-11-06T08:03:51Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3271
dc.description.abstract Pada zaman modern saat ini banyak anak yang masih melakukan tindakan yang menyimpang, tindak kekerasan, bersikap tidak sopan santun dan melakukan tindakan yang dilarang dalam agama. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya penanaman agama dan moral sejak usia dini. Dengan perilaku yang buruk bisa merusak generasi masa depan, terlebih anak sekarang banyak yang mencontoh dari lingkungan teman-temannya di sekitarnya, maka dari itu perlu dilakukan pengawasan dari orang tua, masyarakat dan lingkungan berperan penting dalam perkembangan anak terutama dalam pembentukan karakter anak. Oleh karena itu penulis ingin meneliti implementasi metode bercerita dalam menanamkan nilai moral dan agama siswa di TK Arridho Cengkareng Jakarta Barat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi metode bercerita dalam menanamkan nilai moral dan agama siswa khususnya pada anak usia 4-5 tahun di TK Arridho Cengkareng Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari wali kelas kelompok A dan wali kelas kelompok B. Sumber data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen, jurnal dan buku. Peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. peneliti menggunakan teknik analisis data yaitu redaksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian yang dilakukan di TK Arridho Cengkareng Jakarta Barat bahwa implementasi metode bercerita di TK Arridho sudah memenuhi tiga tahapan, yaitu 1) perencanaan, menyiapkan tema cerita dan media yang digunakan dalam bercerita, 2) pelaksanaan, terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu; kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup, 3) evaluasi, menyimpulkan dan mengulas kembali. menanamkan nilai moral dan agama selain metode bercerita, didukung juga dengan kegiatan praktek sholat berjamaah, pembiasaan do’a sehari-hari, dan pembiasaan bersikap baik kepada guru dan sesama teman. Pendukung dari metode ini adalah pembiasaan, kesadaran peserta didik, kebersamaan dalam diri sendiri, dukungan dari keluarga. Dan penghambat dari metode ini adalah latar belakang peserta didik, lingkungan masyarakat, kurangnya sarana dan prasarana, dan pengaruh gagdet. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Nilai Moral dan Agama en_US
dc.subject Metode Bercerita en_US
dc.title Implementasi Metode Bercerita dalam Menanamkan Nilai Moral dan Agama Siswa di TK Arridho Cengkareng Jakarta Barat” en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account