DSpace Repository

Efektivitas Metode Atqa Terhadap Pembelajaran Tadabbur Qur’an di Pesantren Qur’an Ar-Rahman Megamendung Bogor

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad Ubaidillah Al-Ghifary
dc.contributor.advisor Ahmad Dimyati Badruzzaman
dc.contributor.author Achmad Fauzan M, 220430294
dc.date.accessioned 2023-11-08T04:08:53Z
dc.date.available 2023-11-08T04:08:53Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3274
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran Tadabbur Al-Qur’an yang diterapkan di Pesantren Qur’an Ar-Rahman Mega Mendung Bogor dengan metode ATQA, mengungkapkn keefektifan metode ATQA dalam pembelajaran Tadabbur Al Qur’an untuk meningkatkan pemahaman terhadap makna Al-Qur’an di tempat tersebut, dan menguraikan faktor pendukung dan penghmbat dalam pembelajaran tadabbur Al-Qur’an dengan metode ATQA di tempat tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Proses pembelajaran Tadabbur Al-Qur’an yang diterapkan di Pesantren Qur’an Ar-Rahman Mega Mendung Bogor dengan metode ATQA ada empat, yaitu dilaksanakan dua kali dalam sepekan; hari senin dan selasa, dalam penerapannya menggunakan sepuluh langkah, media pembelajarannnya dengan literasi digital, dan kegiatan pembelajaran ada tiga bagian, yaitu pembuka, inti dan penutup. 2). Keefektifan metode ATQA dalam pembelajaran Tadabbur Al Qur’an untuk meningkatkan pemahaman terhadap makna Al-Quran adalah sangat efektif dengan adanya lima indiktor yang membuktikan hal tersebut, yaitu adanya tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, kreatifitas yang dimiliki oleh guru, interaksi aktif dari peserta didik, adanya evalusi yang baik. Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran tadabbur Al-Qur’an dengan metode ATQA adalah pengajar yang kompeten dalam bidangnya dan sarana prasarana yang mendukung, program menghafal Al-Qur’an, dan pembelajaran arab. Adapun faktor penghambatnya adalah ada sebagian mahasantri yang tidak memiliki media laptop dan adanya beberapa mahasantri yang belum memiliki dasar bahasa arab. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode ATQA en_US
dc.subject Tadabbur Qur’an en_US
dc.title Efektivitas Metode Atqa Terhadap Pembelajaran Tadabbur Qur’an di Pesantren Qur’an Ar-Rahman Megamendung Bogor en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account