DSpace Repository

Hubungan Self-Efficacy Dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMAIT Granada Kota Tangerang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.author Fathia Rahmah Arisandy, 17311775
dc.date.accessioned 2023-11-09T04:50:13Z
dc.date.available 2023-11-09T04:50:13Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3279
dc.description.abstract Di tengah terjadinya pandemi Covid-19 saat ini, pembelajaran secara daring dianggap menjadi solusi terbaik untuk kegiatan belajar jarak jauh. Motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring disinyalir tidak terlepas dari peran orang tua dan keluarga, hal ini dikarenakan orang tua ialah lingkungan pertama yang ditemui seorang anak serta telah memberikan kontribusi penting untuk membentuk kepribadian anak mereka. Agar pembelajaran daring dapat terlaksana dengan efektif dan maksimal, diperlukan juga adanya self efficacy dalam diri peserta didik, menurut Bandura self efficacy atau biasa dikenal efikasi diri merupakan kemampuan seorang individu untuk dapat menciptakan motivasi diri, rasa percaya diri, keyakinan pada diri sendiri, dan kemampuan untuk mawas diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan self-efficacy terhadap motivasi belajar siswa SMAIT Granada Kota Tangerang di masa pandemic Covid-19; 2) hubungan dukungan sosial keluarga terhadap motivasi belajar siswa SMAIT Granada Kota Tangerang di Masa Pandemi Covid-19; 3) dan hubungan self-efficacy dan dukungan sosial keluarga terhadap motivasi belajar siswa SMAIT Granada Kota Tangerang di saat pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Subyek penelitian ini adalah siswa SMAIT Granada Kota Tangerang dengan jumlah sampel 61 orang, dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian ini menggunakan angket tertutup dan menggunakan media Google Form dengan skala likert. Kemudian data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan bantuan program IBM SPSS ver.25. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya 1) self-efficacy dan motivasi belajar siswa mempunyai hubungan yang signifikan, dengan nilai signifikansi 0,000 (ρ < 0,05); 2) adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (ρ < 0,05); 3) adanya hubungan yang signifikan antara self-efficacy dan dukungan sosial keluarga secara simultan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (ρ<0,050) dan memberikan kontibusi efektif sebesar 50,5%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Self-Efficacy en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Dukungan Sosial Keluarga en_US
dc.title Hubungan Self-Efficacy Dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMAIT Granada Kota Tangerang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account