dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya kasus krisis moral dan akhlak pada remaja yang kian banyak karena nilai pendidikan karekter religius yang belum diterapkan sepenuhnya dan kurangnya pengawasan dari orangtua maupun guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penguatan nilai pendidikan karakter religius dalam kurikulum muatan lokal di MTs Syaroful Millah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa penguatan nilai pendidikan karakter religius di MTs Syaroful Millah Semarang menggunakan kurikulum muatan lokal pada mata pelajaran Ke-NU-an, tahlil, qiroah dan kitabah, nahwu dan shorof, dan kitab kuning untuk membentuk karater religius pada anak. |
en_US |