DSpace Repository

Penerapan Pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an Melalui Metode Takrir dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas VII di MTsN 01 Lebak Rangkasbitung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Anasya Salsavadya Irani, 19312062
dc.date.accessioned 2023-11-09T05:47:23Z
dc.date.available 2023-11-09T05:47:23Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3287
dc.description.abstract Pada beberapa tahun terakhir, Banyaknya pendidikan sekolah Islam formal dan informal baik pondok pesantren Taḥfīẓ Al-Qur’an maupun rumah Taḥfīẓ yang memasukkan program Taḥfīẓ Al-Qur'an ke dalam kurikulum pembelajaran sekolah, karena dipengaruhi oleh tren penghafalan Al-Qur'an yang berkembang di kalangan masyarakat muslim di Indonesia. yang kini tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Taḥfiẓ juz 30 dengan metode takrir dan strategi instruktur dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas VII di MTsN 01 Lebak Rangkasbitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 01 Lebak Rangkasbitung. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Madrasah, komite sekolah, ketua instruktur Taḥfīẓ, 5 instruktur Taḥfīẓ, 12 siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian pada penerapan pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an di MTsN 01 Lebak Rangkasbitung menunjukan adanya peningkatan kualitas hafalan Al-Qur’an juz 30 berdasarkan penilaian Tajwid, Fashohah, dan kelancaran hafalan dengan upaya metode dan strategi yang diterapkan dalam pembelajaran oleh para instruktur Taḥfiẓ MTsN 01 Lebak Rangkasbitung. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Kualitas Hafalan Siswa en_US
dc.subject Taḥfīẓ Al-Qur’an en_US
dc.title Penerapan Pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an Melalui Metode Takrir dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas VII di MTsN 01 Lebak Rangkasbitung en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account