DSpace Repository

mplementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Turjuman Al-Qur’an Jilid 1 dan 2 di SD Al-Qur’an Mutiara Hikmah Bekasi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Zah Rotullutfiah, 19312196
dc.date.accessioned 2023-11-09T06:30:28Z
dc.date.available 2023-11-09T06:30:28Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3292
dc.description.abstract Metode Ummi yang merupakan salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an yamg di dalamnya terdapat program pembelajaran turjuman Al-Qur’an jilid 1 dan 2 yang membahas mengenai bacaan shalat. Tujuan penelitian ini tentang bagaimana implementasi metode Ummi dalam pembelajaran turjuman Al-Qur’an jilid 1 dan 2, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran turjuman Al-Qur’an jilid 1 dan 2, dan bagaimana dampak pembelajaran turjuman Al-Qur’an jilid 1 dan 2 dalam ibadah shalat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun pengumpulan data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yakitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Ummi dalam pembelajaran turjuman Al-Qur’an jilid 1 dan 2 di SD Al-Qur’an Mutiara Hikmah Bekasi berjalan dengan baik sebab dalam pembelajarannya SD Al-Qur’an Mutiara Hikmah Bekasi menerapkan kekuatan yang ada pada Ummi Foundation, yakni adanya metode yang bermutu, guru yang bermutu, serta sistem yang bermutu. Faktor pengdukung dalam pembelajaran turjuman Al-Qur’an jilid 1 dan 2 ini ialah adanya irama yang memudahkan siswa dalam menghafal dan memahami materi pelajaran, adanya pembinaan rutin bagi para guru Al-Qur’an, dan adanya sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat dalam pembelajaran ini ialah tdalam pembelajarannya tidak ada dasar bahasa Arab yang disajikan, kurangnya melibatkan siswa dalam mengambil intisari materi, kurangnya SDM yang mempuni dalam teknik mengajar imla’. Adapun dampak pembelajaran turjuman Al-Qur’an jilid 1 dan 2 dalam ibadah shalat yakni siswa memiliki dasar yang kuat dalam beribadah, dapat memahami keutamaan setiap bacaan, dapat memahami makna bacaan shalat dan mengetahui tata cara ibadah sesuai syariat Islam. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject mplementasi en_US
dc.subject Turjuman Al-Qur’an en_US
dc.subject Metode Ummi en_US
dc.title mplementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Turjuman Al-Qur’an Jilid 1 dan 2 di SD Al-Qur’an Mutiara Hikmah Bekasi en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account