Abstract:
Motivasi merupakan salah satu komponen terpenting dalam proses menghafal Al-Qur’an. ketika motivasi seseorang rendah maka akan memiliki dampak buruk pada seseorang. Dengan motivasi yang tinggi diharapkan mahasiswi IIQ Jakarta semester VIII lebih baik lagi dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji apakah ada pengaruh self-talk untuk meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an mahasiswi IIQ Jakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Pre- Experimental Designs (Nondesigns). Sampel dalam penelitian sebanyak 10 orang mahasiswi. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan hasil uji pre-test dan post-test berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji paired t-test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada uji paired t-test terdapat perbedaan motivasi antara nilai pre-test dan post-test dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 38,3 dan nilai rata-rata post-test sebesar 42. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan self-talk memberikan pengaruh positif terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an mahasiswi IIQ Jakarta prodi PAI semester VIII.