Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya karakter yang tertanam dalam diri peserta didik sehingga berpengaruh pada sikap yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini perlu adanya strategi guru PAI untuk meningkatkan sikap spiritual peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Peserta Didik Kelas VII di MTs Pembangunan UIN Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, 4 Guru Pendidikan Agama Islam, dan 6 Peserta Didik Kelas VII MTs Pembangunan UIN Jakarta. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan sikap spiritual peserta didik kelas VII di MTs Pembangunan UIN Jakarta melalui Keteladanan, Pembiasaan, Nasihat, Pengawasan, dan Hukuman yang diberikan kepada peserta didik. Melalui pembiasaan yang dilakukan dalam kegiatan keagamaan seperti HC, dan lain-lain dapat meningkatkan sikap spiritual peserta didik dimana peserta didik tidak lagi berkata kasar, berakhlak baik, memiliki rasa peduli yang tinggi, shalat tepat waktu, dan lain-lain. Hal ini beriringan dengan Keteladanan, Nasihat, Pengawasan, dan Hukuman yang dilakukan oleh guru.