Abstract:
Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis terhadap pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an siswa SDIT Al-Iman. penlitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Talaqqi pada pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an, namun penulis hanya terfokuskan pada pembelajaran dengan metode Talaqqi dalam menghafal Al-Qur’an.
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode talaqqi pada pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an di SDIT Al-Iman Bojongsari Depok, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan pernghambatnya serta solusi dalam menghadapi hambatan tersebut.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dan deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode Talaqqi yang digunakan dalam pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an di SDIT Al-Iman Bojongsari Depok dilakukan dengan 4 kegiatan utama sebagai berikut : Pertama, pembukaan. Kedua, kegiatan inti pembelajaran yang meliputi proses menghafal, proses setoran ayat, dan muroja’ah surat yang telah dihafalkan. Ketiga, kegiatan penutup. Keempat, kegiatan evaluasi yang meliputi harian, tengah semester, dan akhir semester.