DSpace Repository

mplementasi Kurikulum Tahfiz Al-Qur’an dalam Menumbuhkan Karakter Peserta Didik di SMPTQ Citamulia Jakarta Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Iftah Nurdzakiyah, 19312073
dc.date.accessioned 2023-11-09T08:39:14Z
dc.date.available 2023-11-09T08:39:14Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3320
dc.description.abstract Pada penelitian ini di latar belakangi oleh meningkat nya arus globalisasi pada anak bangsa dengan deras sehingga dekadanse moral semakin banyak muncul ke permukaan. Dengan menjadikan Al-Qur’an basis Pendidikan di sebuah Lembaga Pendidikan akan menjadi penunjang dalam Pemebentukan karakter siswa. kurikulum Tahfiz Al-Qur’an sangat erat kontribusi nya dalam menumbuhkan Pendidikan Karakter siswa. Dalam hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) kurikulum Tahfiz Al-Qur’an di SMPTQ Ciitamulia Jakarta Selatan terdiri dari tiga Tahapan Tahapan Pertama berupa Perencanaan. Tahap kedua yaitu tahap Pelaksanaan. Tahap ketiga yaitu tahap Pengembangan. Tahapan keempat yaitu Tahap Evaluasi dilakukan untuk melihat indikator keberhasilan. 2) kontribusi kurikulum Tahfizh Al-Qur’an dalam membentuk nilai karakter Tanggung jawab, disiplin, Religius kerja keras dan Jujur pada siswa dapat dibuktikan melalui dari adanya kegiatan-kegiatan yang berada di dalam kurikulum Tahfiz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskruptif. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMPTQ Citamulia Jakarta Selatan. Subjek dari penelitian ini adalah wakil kepala sekolah, Koordinator kurikulum Tahfizh, Bidang Kesiswaan, 4 guru Tahfizh, 10 peserta didik Level Tahfizh Higher dan Middle, dan 1 walimurid. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Implementasi Kurikulum Tahfizh Al-Qur’an yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sangat besar kontribusi nya dalam menumbuhkan Pendidikan Karakter siswa. Pembentukan karakter Disiplin dan Tanggung jawab siswa dapat terbentuk melalui ketepatan siswa dalam menyetorkan hafalan, sedangkan pada kejujuran dibentuk dalam kegiatan murojaah hafalan siswa Ketika dirumah, dan kerja keras ialah kesungguhan siswa dalam mencapai pembelajaran Al-Qur’an dan akademik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Kurikulum Tahfizh, en_US
dc.subject Pendidikan Karakter en_US
dc.subject Tahfizh Al-Qur’an, en_US
dc.title mplementasi Kurikulum Tahfiz Al-Qur’an dalam Menumbuhkan Karakter Peserta Didik di SMPTQ Citamulia Jakarta Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account