DSpace Repository

Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Akhlakul Karimah di MTs Al-Barokah Tangerang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pahrurroji
dc.contributor.author Dela Puspitasari, 19312149
dc.date.accessioned 2023-11-09T08:42:04Z
dc.date.available 2023-11-09T08:42:04Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3321
dc.description.abstract Untuk menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah yang baik diperlukan indikator yang dapat mengarahkan peserta didik yang lebih baik. Karena, menurunnya akhlak terutama peserta didik yang menginjak usia remaja. Dalam menanamkan akhlak ini adanya berkontribusi serta bekerja sama dalam mencapai akhlak yang baik. Dalam proses mempraktekan akhlak ini butuh waktu yang lama dan terus berulang-ulang hingga menjadi kebiasaan yang baik dan dukungan dari para orang tua, pendidik, serta lingkungan yang dapat mempengaruhi akhlak tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penanaman nilai-nilai akhlakul karimah di MTs Al-Barokah Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penenlitian kualitatif, dan dengan pendekatan deskriptif. Kemudian teknik pengumpulan data, yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa implementasi penanaman nilai-nilai akhlakul karimah di MTs Al-Barokah Tangerang yaiu, untuk implementasi penanaman akhlak ini berjalan dengan baik, sebab dalam penanaman nilai-nilai akhlakul karimah ini menerapkan kegiatan-kegiatan sekolah, kegamaan, serta metode yang digunakan dalam pembelajaran tersebut yang dapat membentuk kualitas akhlak peserta didiik yang baik. Akan tetapi, masih perlu penanaman akhlak yang lebih intensif bagi pesera didik yang kurang, dan harus diperdalam melalui teori dan praktik. Karena, peserta didik yang kurang berakhlak ini dapat menimbulkan sesuatu yang tidak baik kepada peserta didik yang lain. Faktor pendukung diantaranya sebagai berikut: orang tua, peserta didik, lingkungan, dan teman yang dapat mendukung prosesnya dalam penanaman akhlak Faktor penghambatnya yaitu kurangnya perhatian orang tua, kesadaran peserta didik, teman, lingkungan, dan gadget yang dapat menghambat dalam pembentukan akhlak peserta didik yang berakhlakul karimah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi, , en_US
dc.subject Akhlakul Karimah en_US
dc.subject Penanaman Nilai-nilai en_US
dc.title Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Akhlakul Karimah di MTs Al-Barokah Tangerang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account