Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Ta’līm Al Muta’allim pada Kelas VIII MTs Miftahul Khair Pamekasan Madura dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak di dalamnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif analitik. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dalam hal ini informannya yaitu kepala sekolah, guru aqidah akhlak dan tiga siswi kelas VIII. Dan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Ta’līm al-Muta'allim di MTs Miftahul Khair Pamekasan Madura melalui a). pembiasaan pembacaan doa sebelum memulai pelajaran b). pembiasaan bersalaman kepada guru c). memberikan tugas kelompok d). pembiasaan tidak berkata kotor e). pembiasaan bersikap rendah hati f). pembiasaan disiplin dalam belajar, dan 2). faktor pendukung di dalam proses penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Ta’līm al-Muta'allim di sekolah tersebut adalah adanya keteladanan guru di sekolah, adanya aturan yang ketat dan adanya evaluasi yang baik di sekolah tersebut. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran siswa/siswi akan kewajiban dan tanggung jawabnya, kurangnya dukungan (support) dari wali/orang tua mereka, kurangnya keteladanan dari orng tua ketika saat berada di rumahnya masing-masing.