Abstract:
Sejalan dengan pesatnya arus globalisasi, serta derasnya arus informasi dan teknologi memunculkan persoalan baru, terkait perilaku yang kerap menyimpang dari ajaran-ajaran agama Islam. Oleh karena itu, pentingnya untuk mempelajari, memahami, serta mempraktikkan ajaran agama Islam melalui penerapan nilai-nilai religius. Hal tersebut bertujuan demi terciptanya nilai religius dan terhidar dari nilai yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam sehingga mencapai kesempurnaan di dunia maupun di akhirat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan nilai-nilai religius yang menjadi pedoman di SMA IT Al-Qur’aniyyah, Pondok Aren, Tangsel, untuk mengetahui keterkaitan nilai-nilai religius terhadap pembelajaran PAI dan untuk mengetahui pengabdian kemasyarakatan yang ada di tempat tersebut.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana penulis akan menggambarkan kegiatan penelitian yang dilakukan pada objek penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) terdapat lima macam nilai-nilai religus yang menjadi pedoman di SMA IT Al-Qur’aniyyah yakni nilai ibadah, nilai ruhul jihad, nilai akhak dan disiplin, nilai keteladanan, nilai amanah dan Ikhlas. 2) keterkaitan nilai-nilai religius terhadap pembelajaran PAI di SMA IT tersebut ada dua keterkaitan yakni antara ilmu dan amal, ilmu dan dakwah Dan 3) Pengabdian kemasyarakatan yang ada di SMA IT tersebut meliputi tiga proses yakni proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.