DSpace Repository

Strategi Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kualitas Pelafalan Huruf di kelas V MI Nurul Ghosyiyah

Show simple item record

dc.contributor.advisor Faza Karimatul Akhlak
dc.contributor.author Ayu Lestari, 19312111
dc.date.accessioned 2023-11-09T09:02:26Z
dc.date.available 2023-11-09T09:02:26Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3327
dc.description.abstract Banyak sekali anak-anak yang tidak bisa membaca al-Qur’an di ciputat Tangerang Selatan yang dikarenakan orang tuanya sibuk dengan pekerjaannya, oleh karena itu penulis melakukan penelitian di MI Nurul Ghosyiyah dengan alasan sejauhmana keefektivan penerapan metode Yanbu’a ini dikalangan masyarakat maupun anak-anak. Metode yanbu'a adalah suatu metode pembelajaran membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an yang disusun secara sistematis terdiri 7 jilid, cepat, tepat, benar dan tidak putus-putus esuai dengan makhorijul huruf dan ilmu tajwid. Dan metode ini sudah menjadi program unggulan di MI Nurul Ghosyiyah. Untuk mengetahui bagaimana sebenarnya strategi pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Yanbu’a di MI Nurul Ghosyiyah, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana stategi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a di kelas V? (2) Bagaimana tingkat kualitas pelafalan huruf di kelas V? (3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kualitas pelafalan huruf? Metode penelitian yang peneliti gunakan kualitatif dengan teknik pengumpulkan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan (1) Pembelajaran metode Yanbu’a di MI Nurul Ghosyiyah dalam setiap pertemuan siswa membuat lingkaran (halaqah) yang berisi 15-20 siswa dalam satu kelompok. Kemudian guru pembimbing menyampaikan materi dengan cara membaca sesuai dengan jilid yang dibaca dan ditirukan oleh para siswa. Dan pada akhir jam nanti siswa disuruh maju satu persatu guna menyetorkan bacaan yang telah dipelajari. (2) Bacaan siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a di MI Nurul Ghosyiyah sudah ada perkembangan, dalam artian bacaan siswa sudah mulai membaik. Hal ini bisa dilihat dari buku jilid yang digunakan oleh siswa dengan rata-rata sudah memasuki jilid 4. Tetapi siswa masih belum fasih dalam pelafalan makhraj terhusus siswa masih sulit membedakan makhrajnya huruf Shin, sin, dan Tha’. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Al-Qur’an, , en_US
dc.subject Yanbu’a en_US
dc.subject Makharijul Huruf en_US
dc.title Strategi Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kualitas Pelafalan Huruf di kelas V MI Nurul Ghosyiyah en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account