DSpace Repository

Implementasi Metode Al-Qirā’ah Al-Muyassarah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SDN Cipete Utara 05

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Shopiyah
dc.contributor.author Ulviana Damayanti, 19312144
dc.date.accessioned 2023-11-09T09:08:08Z
dc.date.available 2023-11-09T09:08:08Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3329
dc.description.abstract Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam, namun bagaimana umat muslim bisa mengamalkan ajaran yang terdapat dalam Al-Qur’an jika tidak bisa membacanya. Fenomena riil yang terjadi masih banyak anak-anak, remaja, maupun orang tua yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik, bahkan ada yang belum bisa membacanya. Oleh karena itu pentingnya mempelajari Al-Qur’an sejak dini yang diberikan pada tingkat Sekolah Dasar, tentunya dengan menggunakan metode yang menarik sebagai strategi agar pembelajaran dapat tercapai, maka dari itu banyaknya metode-metode yang diciptakan untuk memudahkan pembelajaran salah satunya metode al-Qiro’ah al-Muyassaoh yang diterapkan di SDN Cipete Utara 05, karena itu penulis bertujuan untuk mengetahui proses Implementasi Metode Al-Qiro’āh Al-Muyāssāroh dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa kelas 5A Di SDN Cipete Utara 05. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif, dan dengan pendekatan studi kasus, untuk dikaji secara mendalam dan dideskripsikan secara rinci. Teknik pengumpulan data, yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis penyajian data, dan pengmbilan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan penulis di SDN Cipete Utara 05 kelas 5A, proses pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode al-Qirā’ah al-Muyassarah ini telah berjalan dengan baik, karena penerapan dalam menggunakan metode tersebut sudah terprosedur terkait teknik pembelajarannya, sehingga penerapan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode al-Qirā’ah al-Muyassarah dapat tersampaikan dengan baik, tentunya dengan adanya faktor pendukung yaitu dari keunggulan dan keunikan metode tersebut yang bernilai efektif untuk membantu kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode en_US
dc.subject kemampuan siswa en_US
dc.subject membaca Al-Qur’an en_US
dc.subject Al-Qirā’ah Al-Muyassarah, en_US
dc.title Implementasi Metode Al-Qirā’ah Al-Muyassarah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SDN Cipete Utara 05 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account