dc.description.abstract |
Berdasarkan latar belakang, peneliti menemukan keunikan dari sekolah ini, sebelumnya bernama SMK citra bangsa kemudian berganti nama menjadi SMK Al-Aqsyar Islamic School Bogor pada tahun 2021 atas dasar keinginan yayasan Am Badar dengan tujuan untuk menanamkan akidah syari’ah yang merupakan kepanjangan dari “Al-AqSyar". Keunikan tersebutlah peneliti mengetahui bahwa adanya kekhawatiran sekolah terhadap peserta didik yang belum berpikir kritis dengan adanya perkembangan zaman dari teknologi sampai gaya berbicara dan berpakaian yang tidak sesuai tuntunan Islam.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter Islami di SMK Al-Aqsyar Islamic School Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif, melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun bentuk pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara melalui kepala sekolah, dua orang guru PAI, waka bidang kesiswaan dan enam orang peserta didik di SMK Al-Aqsyar Islamic School Bogor. Sedangkan dalam menganalisa data menggunakan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islami pada peserta didik yaitu dengan menerapkan pembiasaan 5S (Salam, Sapa, Sopan, Santun dan Senyum) dan kegiatan pembiasan pagi sebelum aktivitas belajar mengajar seperti zikir pagi dan salat dhuha. Nilai-nilai karakter Islami yang terdapat pada peserta didik adalah Iman sebagai Akidah keyakinan kepada Allah Swt., Islam sebagai agamanya yang sepenuhnya kehidupannya untuk beribadah kepada Allah, dan Ihsan sebagai akhlak baik yang tercermin pada diri peserta didik. sehingga kegiatan pembiasaan tersebut diharapkan peserta didik memiliki karakter atau akhlak yang baik dan juga menjadi insan kamil yang bertakwa dan beriman. |
en_US |