dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui akhlak siswa yang diajarkan guru melalui pembelajaran PAI pada kelas IV SDIT Al-Iman Bojongsari-Depok, kendala-kendala yang dihadapi guru, dan strategi guru dalam membentuk akhlak siswa.
Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Pendekatan kulaitatif digunakan berdasarkan penelitian yang berada di lapangan tentang memberikan suatu gambaran apa adanya, tanpa adanya rekayasa yang terjadi didalam penelitian. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1). Akhlak yang diajarkan di SDIT Al-Iman Bojongsari-Depok adalah akhlak saat shalat, berprilaku baik, dan akhlak kepada guru, teman, kakak kelas, dan adik kelas. 2). Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam membentuk akhlak siswa kelas IV di SDIT Al-Iman Bojongsari-Depok adalah pergaulan yang bebas, berkata kasar, tidak menghargai teman, dan tidak menghormati guru. 3). Strategi guru dalam membentuk akhlak siswa kelas IV SDIT Al-Iman Bojongsari-Depok adalah memberikan keteladanan kepada siswa, dan memberikan hukuman |
en_US |