Abstract:
Rendahnya moral yang dimiliki remaja saat ini masih menjadi persoalan dalam dunia pendidikan terutama di Indonesia. Peristiwa bullying, tawuran, narkoba semakin marak terjadi. Dalam hal ini pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk menjadi sarana yang sesuai dalam membangun karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran kitab Diwan Syafi’i dalam karakter santri
Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran kitab Diwan Syafi’i dalam pengembangan karakter santri dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan, dikarenakan peneliti ingin melihat secara langsung kondisi di lapangan sehinggga bisa lebih memahami dan dapat menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Adapun hasil penelitian ini yaitu: pembelajaran kitab Diwan Syafi’i bertujuan untuk mengembangkan karakter santri dengan menerapkan nilai-nilai karakter yang ada dalam kitab Diwan Syafi’i. Nilai-nilai karakter tersebut meliputi karakter sabar, ikhlas, jujur, sopan, dan bertutur kata yang baik. Konsep pembelajaran kitab Diwan syafi’i meliputi tiga kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Faktor pendukung dalam pembelajaran kitab Diwan Syafi’i adalah pemahaman guru dalam memaknai kitab dan antusias santri ketika proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya keikutsertaan para pengajar dalam pembentukan karakter santri dan pengaruh hp yang membuat santri menjadi lalai dalam melakukan kebiasan-kebiasaan baik.