DSpace Repository

Efektivitas Kecerdasan Emosional Dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas V di SDN Jagabaya 01 Parungpanjang Bogor

Show simple item record

dc.contributor.advisor Eka Naelia Rahmah
dc.contributor.author Intan Shurur, 19312076
dc.date.accessioned 2023-11-10T03:08:06Z
dc.date.available 2023-11-10T03:08:06Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3342
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini bermula dari kurangnya pemahaman terkait kecerdasan emosional dan menurunya akhlak siswa. Dalam kecerdasan emosional terdapat hal-hal yang berkaitan dengan emosi yang dapat menjadi upaya dalam membentuk akhlak siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas kecerdasan emosional dalam membentuk akhlak siswa di SDN Jagabaya 01 Parungpanjang Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan 2 orang siswi kelas V di SDN Jagabaya 01 Parungpanjang Bogor. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, analisis data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan efektivitas kecerdasan emosional dalam membentuk akhlak siswa kelas V sudah baik, hal ini terlihat dari siswa yang sudah bisa mengenali emosi diri, mengelola emosi, optimis, berempati, rajin mengikuti salat dhuha bersama, berbicara baik kepada teman dan guru, dan ikut serta dalam kegiatan gotong royong. Kecerdasan emosional dapat membentuk akhlak siswa, hal ini dinyatakan dengan siswa yang menerapkan akhlak yang baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Kecerdasan Emosional, . en_US
dc.subject Akhlak Siswa en_US
dc.title Efektivitas Kecerdasan Emosional Dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas V di SDN Jagabaya 01 Parungpanjang Bogor en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account