DSpace Repository

Kegiatan Islamic Parenting dalam Menangani Regulasi Emosi Siswa di SDN Cipete Utara 05 Jakarta Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Esi Hairani
dc.contributor.author Sari Wahyuni, 19312138
dc.date.accessioned 2023-11-10T03:14:43Z
dc.date.available 2023-11-10T03:14:43Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3344
dc.description.abstract Islamic parenting atau pola asuh Islam dan regulasi emosi saling berkaitan dalam menghadapi masalah kestabilan dalam proses belajar mengajar siswa, dengan demikian peran pendidik di rumah (orang tua) dan pendidik di sekolah (guru) keduanya mempunyai peran penting dalam membantu anak mengembangkan kontrol emosinya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan implementasi pendidikan Islamic Parenting dalam menangani regulasi emosi siswa di SDN Cipete Utara 05. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Di SDN Cipete Utara 05 menerapkan pola asuh Islami dalam memberikan pendidikan regulasi emosi pada siswa, hal tersebut dilakukan dengan menerapkan nilai nilai Islam serta menggabungkan prinsip parenting Islami dan menegenalkan kepada anak cara meregulasikan emosi dengan baik dan benar dengan mengadakan beberapa kegiatan di antaranya : kegiatan belajar kelompok yang bertujuan mendorong siswa untuk berinteraksi dengan baik, terdapat juga kegiatan keterampilan yang dapat mendorong siswa untuk berkreatifitas dengan ide-ide nya, terdapat juga kegiatan eskrra kulikuler yang bertujuan agar siswa bisa lebih berkembang dan bertanggung jawab. Upaya tersebut juga dilakukan guru PAI dengan selalu mencontohkan pilaku yang baik terlebih dahulu, serta mengambil contoh dari agama untuk membantu siswa memahami pentignya mengontrol emosi dan bagaimana cara melakukannya, dengan menceritakan kisah-kisah dan dongeng bersejarah tentang para Nabi dan Rasul serta para tokoh Islam, sehingga para siswa dapat mencontohnya dan mengambil keteladanan dari kisah kisah tersebut. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam (PAI) en_US
dc.subject Kecerdasan Emosional en_US
dc.subject Islamic Parenting en_US
dc.subject Regulasi Emosi en_US
dc.subject Kontrol Emosi. en_US
dc.title Kegiatan Islamic Parenting dalam Menangani Regulasi Emosi Siswa di SDN Cipete Utara 05 Jakarta Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account