dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk kepribadian yang berintegritas di tengah dinamika masyarakat modern. Salah satu nilai karakter yang mendasar adalah kejujuran, yang mencerminkan integritas dan moralitas seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter kejujuran pada siswa kelas VIII di SMP Boarding School Al-Kamiliyyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan 4 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data analisis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter kejujuran Siswa kelas VIII di SMP Boarding School Al-Kamiliyyah berjalan dengan baik. Hal ini dinyatakan dalam pembentukkan guru PAI memberikan motivasi dan dorongan, memberi fasilitas yang baik di dalam pembelajaran, menjadi contoh teladan bagi siswa. Dalam peran guru sebagai pendidik dan fasilitator, guru PAI memberikan motivasi kepada siswa melalui dorongan dan arahan yang memerlukan kualitas pribadi yang meliputi tanggung jawab terhadap tugas mengajar dan kemampuan membangun hubungan yang tegas dengan siswa. Selain itu, penggunaan media dan fasilitas pendidikan menjadi alat komunikasi penting yang meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar. Di sekolah ini, menggunakan buku paket sebagai media dan fasilitas pendidikan. Salah satu aspek yang diajarkan oleh seorang pendidik adalah kejujuran dalam niat. Aspek kejujuran, seperti Jujur dalam Niat, Jujur dalam Ucapan, Jujur dalam Perbuatan, Jujur dalam Tekad dan Menepati Janji, serta Jujur dalam Kedudukan Agama. |
en_US |