dc.description.abstract |
Sampai saat ini, Sebagian dari masyarakat masih mempercayai bahwa untuk menuju kesuksesan yang tinggi seseorang harus mempunyai kecerdasan intelektual (IQ) yang tinggi pula. Hal ini menurut Daniel Goleman kecerdasan intelektual (IQ) hanya membantu tidak lebih 20% pada kesuksesan seseorang dan 80% disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kecerdasan emosional.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar peserta didik MI Miftahus Salaam. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dan sampel pada penelitian ini sebanyak 47 peserta didik, sehingga peneliti menggunakan teknik sampel jenuh karena semua populasi digunakan sebagai sampel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik MI Miftahus Salaam (0,000 < 0,05). Daapt diketahui pula bahwa kecerdasan emosional memberi pengaruh sebesar 5,1% terhadap prestasi belajar, sedangkan 94,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. |
en_US |