DSpace Repository

Implementasi Metode Wafa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di SDIT Permata Papua

Show simple item record

dc.contributor.advisor Reksiana
dc.contributor.author Fildzah Azzayani, 19312121
dc.date.accessioned 2023-11-10T03:41:01Z
dc.date.available 2023-11-10T03:41:01Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3352
dc.description.abstract Banyak fakta bahwa banyak anak-anak yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, lalu penggunaan metode yang hanya fokus pada capaian membaca membuat anak-anak merasa bosan saat belajar, sehingga peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Metode Wafa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Di SDIT Permata Papua. Metode yang peneliti digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa seperti fasih dalam melafazkan ayat Al-Qur’an, memahami ilmu tajwid, memahami makhorijul huruf, dan mencintai membaca Al-Qur’an melalui implementasi metode Wafa dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di SDIT Permata Papua. Dalam melakukan pembelajaran, metode Wafa menggunakan tahapan 5P, yaitu pembukaan, pengalaman, pengajaran, penilaian, dan penutupan. Implementasi metode wafa menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching yaitu pola pembelajaran yang dilakukan melalui pendekatan pengajaran yang mendorong siswa untuk belajar dalam lingkungan yang positif dengan menerapkan konsep TANDUR, yaitu tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan. Implementasi metode Wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an berjalan dengan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang mana dapat dibuktikan dengan siswa yang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Dalam pelaksanaan kegiatan membaca Al-Qur’an menggunakan metode Wafa di SDIT Permata Papua sudah sesuai dengan kompetensi yang sudah tersedia, dengan menggunakan media yang tersedia di sekolah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Wafa, en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Al-Qur’an en_US
dc.subject Quantum Teaching, en_US
dc.title Implementasi Metode Wafa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di SDIT Permata Papua en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account